Minggu, 16 Januari 2011

PROPOSAL PENELITIAN



PENGARUH KREDIT DP MURAH TERHADAP
KUANTITAS PEMBELIAN MASYARAKAT
PADA SHOWROOM HONDA XL COM
Jalan Tuasan Pancing, Medan



I. PENDAHULUAN.

A. LATAR BELAKANG.

            Perkembangan ekonomi di Indonesia saat ini mengimplikasikan semakin bertambahnya tantangan dan persaingan antar pelaku usaha yang semakin tidak terduga. Kondisi seperti ini harus perlu diperhatikan oleh pemilik usaha demi berlangsungnya usaha dan untuk mendapatkan laba.
            XL COM adalah suatu perusahaan yang menawarkan berbagai jenis kendaraan sepeda motor HONDA tentunya dengan variasi harga tertentu sesuai dengan tipe atau model kendaraan. Showroom ini telah berdiri sejak tahun 2005 dan sudah menerapkan penjualan sepeda motor dengan cara kes maupun kredit.
            Pada tahun 2008 - 2010  shohroom XL COM mampu menjual kendaraan roda dua sesuai dengan perencanaan yang dilakukan di awal periode yaitu 30 - 40 unit/hari. Akan tetapi menjelang tahun 2011 penjualan mulai menurun, dimana penjualan hanya mencapai kisaran antara 20 – 28 unit/hari.
            Pada awal tahun 2011 showroom XL  COM mencoba dalam penjualan produknya dengan uang muka (DP) yang murah. Dimana tujuanya adalah menarik simpati masyarakat untuk membeli sepeda motor HONDA dari showroom ini.

B. IDENTIVIKASI MASALAH.

            Merujuk pada latar belakang di atas maka dapat di identifikasikan beberapa masalah yang berkaitan dengan latar belakang di atas :
apakah ada pengaruh uang muka (DP) murah terhadap kuantitas pembelian mayarakat?
C. BATASAN MASALAH .

            Karena keterbatasan dari segi waktu, kesempatan dan kemampuan peneliti, maka penelitian ini hanya membahas tentang pengaruh uang muka (DP) murah dengan kuantitas pembelian mayarakat pada showroom HONDA XL COM yang beralamat di jalan tuasan pancing, medan.

D. RUMUSAN MASALAH.

            Berdasarkan latar belakang diatas, dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :
“ apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara uang muka (DP) murah dngan kuantitas pembelian masyarakat?”

E.  TUJUAN PENELITIAN.

            Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut :
  1. mengetahui seberapa besar pengaruh kredit uang muka (DP) murah terhadap kuantitas pembelian masyarakat.
  2. Mengetahui seberapa peka mesyarakat terhadap kredit uang muka (DP) murah yang dilakukan oleh showroom HONDA XL COM.

F. KEGUNAAN PENELITIAN.

            Adapun manfaat penelitian ini adalah sebagi berikut :
  1. memberikan sumbangan pemikiran dalam rangka keberhasilan dalam penjualan sepeda motor pada masa sekarang dan yang akan datang.
  2. hasilpenelitian dapat digunakan sebagai sumbangan dalam rangka meningkatkan penjualan sepeda motor pada showroom HONDA XL COM.


II. LANDASAN TEORI, KERANGKA BERFIKIR, DAN PENGAJUAN HIPOTESIS

A. DESKRIPSI TEORI.

1. pengertian kredit dan uang muka
            Kredit merupakan suatu fasilitas keuangan yang memungkinkan seseorang atau badan usaha untuk meminjam uang untuk membeli produk dan membayarnya kembali dalam jangka waktu yang ditentukan. UU No. 10 tahun 1998 menyebutkan bahwa kredit adalah penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam meminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi utangnya setelah jangka watu tertentu dengan pemberian bunga.
            Uang muka (DP) merupakan suatu tanda jadi antara si pembeli dan penjual terhadap suatu produk barang atau jasa dimana sisanya akan di lunasi dalam janka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak.

2. kemampuan kuantitas pembelian masyarakat.
            Kemampuan kuantitas pembelian masyarakat sama artinya dengan permintaan. Menurut ekonomi hokum permintaan berbunyi “ apabila harga turun maka permintaan akan naik, dan apabila harga naik maka permintaan akan naik”. Setiap masyarakat memiliki kemampuan beli yang beragam tergantung pada pendapatan masyarakat

B. KERANGKA BERFIKIR.

            Sesuai dengan judul masalah yang diteliti maka kerangka berfikir digambarkan sebagai berikut:






Dimana :
Variabel X : adalah kredit uang muka (DP) murah
Variabel Y : adalah kuantitas pembelian masyarakat


            Berdasarkan gambar di atas, maka akan diketahui apakah ada pengaruh yang signifikan yang ditimbulkan kredit uang muka (DP) murah (variabel X) terhadap kuantitas pembelian masyarakat (variabel Y).


C. HIPOTESIS.

            Hipotesis merupakan suatu jawaban sementara terhadap masalah penelitian hingga terbukti melalui data yang telah dikumpulkan. Berdasarkan pengertian ini maka peneliti merumuskan hipotesis : terdapat hubungan yang signifikan antara kredit uang muka (DP) murah terhadap kuantitas pembelian masyarakat pada showroom HONDA XL COM.



III. PROSEDUR PENELITIAN

A. METODE PENELITIAN

            Untuk menemukan pengaruh kredit uang muka (DP) murah terhadap kuantitas pembelian masyarakat pada showroom HONDA XL COM jalan tuasan pancing, medan esuai dengan rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian maka digunakan jenis penelitian determinative yaitu dengan mencari pengaruh yang ditimbulkanoleh kredit uang muka (DP) murah terhadap kuantitas pembelian masyarakat.

B. POPULASI DAN SAMPEL.

            Populasi merupakan keseluruhan subjek sebagai sumber data yang memiliki cirri atau karakteristik tertentu tertentu dalam suatu penelitian  untuk dipelajari dan emudian ditarik kesimpulanya.
            Karakteristik dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
  1. masyarakat yang membeli kendaraan sepeda motor merk HONDA,
  2. masyrakat yang melakukan pembelian secara kredit.

Berdasarkan cirri-ciri atau karakteristik diatas maka jumlah populasi dalam penelitian penelitian ini adalah sebanyak 180 orang.


C. INSTRUMEN PENELITIAN.

            Instrument penelitian merupakan alat pengukur yang di gunakan oleh peneliti dalam melakukan penelitiannya. Dengan pengertian ini sesuai dengan judulpenelitian “pengaruh kredit uang muka (DP) murah terhadap kuantitas pembelian masyarakat pada showroom HONDA XL COM jalan tuasan pancing, medan” maka instumen yang digunakan adalah :
  1. instrument untuk mengukur kredit uang muka (DP) murah adalah data laporan showroom HONDA XL COM, karena bersifat rahasia.
  2. instrument untuk mengukur kuantitas pembelian masyarakat adalah unit yang dibeli secara kredit oleh perorangan.

D. TEKNIK PENGUMPULAN DATA.

            Teknik yang dilakukan oleh peneliti adalah data yang primer, yaitu data yang langsung memberikan data kepada peneliti. Dengan pengertian ini teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah observasi ( pengamatan langsung) dan angket.



E. TEKNIK ANALISIS DATA.

            Merupakan teknik yang menjawab hipotesis yang telah dibuat sebelumnya. Sesuai dengan rumusan masalah ““ apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara uang muka (DP) murah dngan kuantitas pembelian masyarakat?” maka statistic untuk menguji hipotesis adalah t-test satu sample.


IV. JADWALPENELITIAN
           
Dalam melakukan penelitian terdapat jadwal penelitian yang akan dimulai dari awal persiapan hingga rampungnya penelitian.
            Berikut ini adalah jadwal penelitian dalam melakukan penelitian yang berjudul :
PENGARUH KREDIT DP MURAH TERHADAP KUANTITAS PEMBELIAN MASYARAKAT PADA SHOWROOM HONDA XL COM Jalan Tuasan Pancing, Medan

no
kegiatan
1
2
3
4
5
1
Menyusun proposal





2
Menyusun instrumen





3
Seminar proposal





4
Pengujian fasilitas





5
Pengumpulan data





6
Analisis data





7
Pembuatan laporan





8
Penyempurnaan laporan





9
Seminar laporan





10
Pengandalan laporan penelitian









V.   BIAYA YANG PERLU DI KELUARKAN

Biaya yang dikeluarkan pada waktu membuat penelitian ini adalah :
Biaya traspot ……………………………………...….Rp.   50 000
Biaya makan ……………………………………..…...Rp.   50 000
Biaya membuat angket (print)………………………..Rp.    20 000
Biaya fotokopi ………………………………………..Rp.   20 000
Biaya pulsa …………………………………………...Rp.   20 000
Biaya ucapan trimakasih kepada pihak kantor….……. Rp. 200 000
Jumlah biaya …………………………………………..Rp. 360 000
Biaya tak rerduga 10% …………………………………Rp. 36 000
Jadi jumlah semua pengeluaran yang terhitung adalah …Rp. 396 000.

Tidak ada komentar: